Dosen Sistem Informasi dan Manajemen Informatika Berpartisipasi Pelatihan Vokasional Information & Technology (Batch-1) Guna Mendukung Pemberdayaan Perempuan Indonesia

BANDUNG, UNIKOM – Proyek Official Development Asistance (ODA Project) merupakan kegiatan kerjasama mekanisme dua negara (G to G) antara Republik Korea Selatan dan Republik Indonesia. Pelaksanaan Proyek Official Development Asistance (ODA Project) diimplementasikan oleh the Ministry of Gender Equality and Family of the Republic of Korea (MOGEF) dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA). Proyek Official Development Asistance (ODA Project) memiliki tujuan khusus yang mensasar subjek penerima manfaat sebagai berikut: 1) Perempuan warga Jawa Barat; 2) Usia produktif; 3) Perempuan yang tidak melanjutkan perguruan tinggi karena drop out dan terdampak pandemic Covid-19, dan/atau perempuan kepala rumah tangga.

Salah satu luaran Official Development Asistance (ODA Project) adalah adanya Pelatihan Vokasional IT.  Pelatihan Vokasional IT ini merupakan penguatan terhadap pendayagunaan aplikasi perkantoran seperti MS Word, MS Excel, dan MS Powerpoint. Pelatihan ini bertujuan untuk memperkuat setiap individu dalam mempersiapkan komunikasi dengan lainnya seperti pembuatan surat lamaran kerja, pembuatan curriculum vitae, flyer (brosur produk marketing), laporan keuangan sederhana, dan pembuatan presentasi.

Sebagai bagian dari proyek bantuan pembangunan (Official Development Assistance/ODA) dari Korea Selatan tahun 2021 guna mendukung pemberdayaan perempuan di Indonesia, diselenggarakan pelatihan vokasional IT untuk diimplementaskan pada pelatihan vokasi khusus perempuan kedepannya. UNIKOM merupakan pihak yang terpilih untuk menyelenggarakan Pelatihan Vokasional IT (Batch-1).Pelaksanaan Pelatihan Vokasional IT diselenggarakan pada Tanggal 25 Oktober – 3 November 2021 bertempat di Gedung Sekolah Perempuan Mencapai Impian dan Cita-cita Provinsi Jawa Barat di Jl. Turangga 25 Bandung.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Hj. Umi Narimawati, Dra., SE., M.Si sebagai Ketua Pelaksana Kegiatan., Dr. Siti Kurnia Rahayu, SE., M.Ak., Ak., CA sebagai Sekretaris Pelaksana Kegiatan, Koordinator Tim Instruktur Vokasional IT: Agus Nursikuwagus, ST., MT., MM., MOS., MTA. Anggota Tim Instruktur: Syahrul Mauluddin, S.Kom., M.Kom., MTA, dan Rangga Sidik, S.Kom., M.Kom. Dari Pihak eksternal (Peserta): 15 orang peserta perempuan berasal dari Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cimahi yang terpilih berdasarkan seleksi DP3AKB Provinsi Jawa Barat.

Prof. Dr. Hj. Umi Narimawati, Dra., SE., M.Si., melaporkan bahwa “Kegiatan Pelatihan Vokasional IT (Batch-1) merupakan rangkaian pelatihan yang diselenggarakan UNIKOM sebagai perguruan tinggi yang terpilih mengemban amanah dari Kementerian Pemberdayaan dan Perlindungan Anak (Kemen PPA) sebagai bentuk implementasi Kerjasama dengan Mogef Korea Selatan. Kegiatan pelatihan Vokasional IT (Batch-1) diikuti peserta pelatihan yang berbeda dengan Pelatihan Vokasional ecommerce yang sudah diselenggarakan sebelumnya (23 – 25 Oktober 2021).

Pelatihan dilaksanakan lebih lama yaitu 10 hari, sejak tanggal 25 Oktober dan berakhir tanggal 3 November 2021. Pembukaan pelatihan dilakukan oleh Ketua Umum Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita, Ibu Atalia Praratya Ridwan Kamil, dan ditutup oleh Kepala Dinas DP3AKB Provinsi Jawa Barat, Ir. Poppy Sophia Bakur, M.EP.

Kegiatan Pelatihan Vokasional IT (Batch-2) juga akan diselenggarakan dalam waktu dekat dengan tenaga instruktur dari dosen yang berbeda. Hal ini diupayakan untuk memberikan manfaat bagi banyak dosen di lingkungan UNIKOM dalam pelaksanaan kewajiban PKM setiap semesternya.”ungkap Umi.

Kegiatan ini merupakan implementasi kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi pada unsur Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) bagi dosen-dosen yang terlibat di dalam proyek ini. Kinerja dosen UNIKOM dalam unsur Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) semakin meningkat baik kualitas maupun kuantitas dan dengan skala Internasional. Dengan demikian UNIKOM semakin memiliki Brand Image yang baik di skala nasional dan internasional sebagai kekuatan strategis UNIKOM di dalam penyelenggaraan Pendidikan tinggi. (Direktorat Hms & Pro).

(Sumber: https://unikom.ac.id/berita/bentuk-implementasi-kerjasama-g-to-g-indonesia-dan-korea-selatan-unikom-menggelar-pelatihan-vokasional-information-technology-batch-1-guna-mendukung-pemberdayaan-perempuan-indonesia)

 

  • Polls
    Sorry, there are no polls available at the moment.
  • About Author
    admin