Profil Program Studi Sistem Informasi — UNIKOM

Visi & Misi

VISI

Menjadikan Program Studi yang berkompeten, unggul, terdepan dalam bidang Teknologi dan sistem informasi serta menghasilkan lulusan yang berprestasi, berjiwa entrepreneur dan mampu berkompetisi di era global.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik dan pengajaran profesional dengan memberikan pengetahuan teoritis maupun praktis yang efektif dan efisien dengan pemanfaatan teknologi informasi agar menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang Sistem Informasi dan mampu mengaplikasikannya sesuai dengan kebutuhan pengguna (users), serta mampu menciptakan lapangan kerja sendiri secara tangguh dan mandiri.
  2. Meningkatkan kualitas keterampilan mahasiswa untuk jaminan standar kualitas lulusan yang memiliki dedikasi, bermoral, berintegrasi, berwawasan dan mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan baik nasional maupun global.
  3. Melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat di bidang sistem Informasi sebagai tanggung jawab sosial dengan melibatkan partisipasi aktif sivitas akademika
  4. Melaksanakan kolaborasi dengan berbagai pihak dalam bidang pendidikan, peneliian dan pengabdian masyarakat di tingkat nasional dan internasional secara efektif, efisien dan berkesinambungan untuk pengembangan dan keberlangsungan pendidikan.
  5. Menjadikan tempat Uji Kompetensi dalam bidang Sistem Informasi dan Teknologi Informasi.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, inovatif dan adaptif terhadap setiap perubahan dan pengembangan, khususnya masalah ICT yang mencakup bidang pelayanan dan industri sehingga lulusan mempunyai kemampuan bersaing di tingkat nasional dan regional serta mampu menghadapi tantangan dan hambatan dalam kompetisi pasar global. 
  2. Menghasilkan lulusan yang menunjukkan keunggulan di tingkat regional, nasional dan Internasional, serta mempunyai kemampuan untuk mengintegrasikan, menerapkan dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan ICT  serta dapat memberikan kontribusi nyata kepada program pemerintah dalam meningkatkan ketahanan bangsa.
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki  jiwa wirausaha, sehingga mempunyai daya kreativitas untuk membuka usaha  yang baru.
  4. Mengembangkan kemampuan dosen dalam proses pembelajaran.
  5. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian serta pengabdian kepada masyarakat.
  6. Memberikan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dengan menggunakan semua sumberdaya dan kemampuan yang relevan untuk mencpai tujuan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  7. Mengembangkan berbagai kerjasama dengan lembaga pendidikan, penelitian, pemerintah dan industri serta lembaga sosial kemasyarakatan lainnya baik nasional maupun global.

SASARAN

  1. Organisasi dan manajemen
  2. Pengembangan SDM
  3. Pengembangan Infrastruktur  Kampus dan Prasarana perkuliahan
  4. Kualitas Lulusan
  5. Masa  studi tepat waktu
  6. Meningkatkan kemampuan bahasa inggris
  7. Waktu tunggu terserapnya lulusan dalam dunia kerja.
  8. Melakukan Penelitian dan Pengabdian
  9. Publikasi  Penelitian