Profil Program Studi Sistem Informasi — UNIKOM

Sejarah

Program Studi Sistem Informasi merupakan salah satu program studi di dalam lingkungan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer. Program studi ini telah ada semenjak berdirinya UNIKOM, dengan nomor keputusan dari Mendiknas : No. 126/D/2000. Hingga sekarang, program studi ini telah mengalami dua kali proses akreditasi, dan telah dinyatakan terakreditasi dengan baik, berdasarkan SK BAN-PT No. 0151/BAN-PT/Ak-XVI/S/VI/2013 per tanggal 29 Juni 2013.

Dalam rangka menghadapi persaingan global yang menuntut setiap individu untuk selalu berfikir dan bertindak kreatif, inovatif dan profesional serta mampu menguasai perkembangan teknologi informasi dan memiliki jiwa wirausaha dengan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai kepedulian terhadap lingkungan, maka program studi telah mengupayakan suatu sistem pembelajaran yang terprogram dan terstruktur dengan baik serta terintegrasi, baik di dalam satu lingkungan program studi, di lingkungan fakultas maupun di tingkat universitas. Sistem pembelajaran ini  didukung penuh oleh perangkat teknologi yang mumpuni baik untuk penggunaan software maupun pemilihan hardware.

Dengan sistem pembelajaran ini diharapkan individu tersebut akan menjadi seorang individu yang mampu berdaya saing dan professional baik ditingkat nasional maupun global dan menjadi tenaga professional dibidang ilmu Sistem Informasi serta memiliki jiwa enterpreneur yang tangguh, mandiri dan memiliki softskill serta nilai etika yang tinggi. Atas dasar itulah Program Studi Sistem Informasi Universitas Komputer Indonesia berupaya dalam menghasilkan lulusannya yang qualified yang memiliki kompetensi di tingkat nasional maupun global.

Hal lain yang diperhatikan untuk memudahkan sistem pembelajaran adalah dengan memberikan kesempatan para mahasiswa untuk mendapatkan beasiswa. Bentuk beasiswa ini dapat berupa beasiswa dari industri secara langsung, maupun hasil kerjasama pihak Universitas dengan pihak pemerintahan. Terdapat lebih dari lima bentuk beasiswa, yaitu beasiswa dari PEMDA Kota Bandung, Beasiswa Mahasiswa berprestasi, Beasiswa Bantuan Mahasiswa, Beasiswa dari pihak Yayasan, beasiswa dari Rektor dan yang terbaru adalah kerjasama dengan pihak DIKTI dalam bentuk beasiswa Unggulan dan Bidik Misi. Peluang untuk mendapatkan beasiswa ini pun sekarang cukup mudah, karena terdapat 20% mahasiswa yang mendapatkan beasiswa tersebut.

Selain memperhatikan dari sisi pembelajaran di dalam kelas, program studi juga mendorong para mahasiswa untuk berkompetisi di bidang kesenian dan kebudayaan dan olahraga baik di tingkat regiona maupun di tingkat nasional. Terdapat banyak prestasi yang telah diraih oleh para mahasiswa program studi Sistem Informasi, diantaranya  dalam kejuaraan futsal, bulutangkis dan basket, dan di bidang seni pada  kompetisi festival angklung serta paduan suara.

Untuk menghadapi persaingan global dalam bidang pendidikan, Program Studi Sistem Informasi Fakultas teknik dan ilmu komputer UNIKOM mendukung sepenuhnya visi Unikom untuk dapat bersaing secara global dengan merintis menjadi salah satu perguruan tinggi bertaraf internasional (World Class University). Bentuk dukungan tersebut telah diwujudkan oleh Program Studi Sistem Informasi melaluiMemorandum of Action (MOA) dengan Youngsan University di Korea Selatan, MOA ini mencakup pelaksanaan Double Degree mulai Tahun Akademik 2010/2011. Program Double Degree dengan konsentrasi Sistem Informasi merupakan kelas unggulan yang didukung oleh Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri (BPKLN) Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendikbud) dimana mahasiswa memperoleh beasiswa penuh dari lembaga tersebut. Pada saat ini telah terdapat beberapa mahasiswa yang diberangkatkan ke Youngsan University untuk menempuh pendidikan untuk gelar kedua mereka.

Selain itu sebagai bentuk dukungan yang kedua, pada tahun akademik 2011/2012 Program Studi Sistem Informasi dijadikan sebagai perintis pertama di lingkungan Universitas Komputer Indonesia untuk membuka program kelas internasional (Internastional Class Program). Pada saat ini mahasiswa kelas internasional berjumlah 16 orang, yang terdiri dari 12 orang mahasiswa berasal dari luar Negara Indonesia dan 4 orang mahasiswa berasal dari Negara Indonesia. Program ini merupakan wujud kerjasama yang dilakukan dengan para Atase Pendidikan Indonesia yang ada di luar Negara Indonesia. Di saat bersamaan, program studi Sistem Infomasi juga berpartisipasi dalam program  Darma siswa, dengan menerima mahasiswa dari mancanegara untuk belajar selama satu tahun di Indonesia.

Bentuk dukungan lain dari pimpinan universitas untuk tercapainya World Class University adalah kebijakan pemanfaatan Information Communication Technology (ICT) dalam proses akademik. Seluruh civitas akademika diwajibkan memanfaatkan ICT dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Penggunaan ICT ini dapat dillihat dari mulai proses Pendaftaran Mahasiswa Baru, proses perwalian, proses pembayaran uang kuliah, dan proses kegiatan sistem akademik secara keseluruhan, Selain itu juga diberikan fasilitas penunjang untuk proses kegiatan belajar dan mengajar melalui pemanfaatan ICT untuk kuliah on-line. Pengadaan fasilitas ini dalam pengelolaannya selain dilakukan secara terpusat oleh pihak Universitas melalui divisi kerja ICT dan Multimedia, juga terdapat beberapa fasilitas IT yang dikelola mandiri oleh program studi, seperti aplikasi SIMITA untuk pengelolaan data peserta skripsi dan Tugas Akhir. Pemanfaatan ICT ini diharapkan mendorong terwujudnya visi Univesitas Komputer Indonesia.