Profil Program Studi Sistem Informasi — UNIKOM

Struktur Organisasi

Kaprodi melakukan pembagian tugas dengan para kordinator tiap bidang dan menegaskan deskripsi kerja setiap kordinator. Diawal semester dalam rapat, setiap kordinator bidang melaporkan rencana kerja persemester.Untuk memperlancar tugas-tugas rutin yang dilakukan setiap tahun akademik, Program Studi membentuk koordinator-koordinator yang diketuai oleh Dosen Tetap Program Studi Sistem Informasi.

Adapun tugas masing - masing kordinator adalah sebagai berikut:

  1. Ketua Program Studi Sistem Informasi bertanggung jawab langsung kepada Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer berkaitan dengan seluruh kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Program Studi.
  2. Sekretaris Program Studi bertugas membantu ketua program studi dalam pelaksanaan tugas.
  3. Koordinator Kemahasiswaan Program Studi Sistem Informasi bertugas merencanakan, memonitoring, mengarahkan, memantau dan mengevaluasi setiap aktivitas yang berkaitan dengan kemahasiswaan.
  4. Koordinator Laboratorium Program Studi Sistem Informasi bertugas mengawasi pelaksanaan praktikum yang dilaksanakan oleh program studi, bekerjasama dengan pihak Universitas untuk merencanakan penggunaan perangkat di laboratorium
  5. Koordinator Skripsi Program Studi Sistem Informasi bertugas merencanakan dan mengawasi serta mengevaluasi pelaksanaan skripsi Mahasiswa, mulai dari Uji Program,  pengumpulan proposal hingga pelaksanaan Sidang Yudisium di Program Studi.
  6. Koordinator Penelitian Program Studi Sistem Informasi bertugas melakukan perencanaan penelitian dan pengabdian masyarakat untuk dosen dan siap untuk dipublikasi 2 kali dalam setahun baik nasional maupun internasional.
  7. Kordinator Pengabdian Kepada Masyarakat membantu ketua program studi dalam melakukan perencanaan dan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat
  8. Koordinator Pengembangan Kurikulum Program Studi Sistem Informasi bertugas perencanaan, pengimplementasian dan evaluasi kurikulum dalam kurun waktu tertentu, merancang format dari Silabus, SAP, GBPP serta menentukan dosen koordinator mata kuliah yang ada di program studi.
  9. Koordinator Perpustakaan Program Studi Sistem Informasi bertugas melakukan pengelolaan (membeli, mengevaluasi ketersediaan, mengawasi terhadap peminjaman buku-buku dan jurnal) yang dimiliki perpustakaan Program Studi Sistem Informasi.
  10. Koordinator Website Program Studi Sistem Informasi bertugas melaporkan dan mengunggah informasi atau seluruh kegiatan baik yang dilaksanakan oleh Program Studi maupun mahasiswa ke dalam situs Program Studi.      
  11. Koordinator Kerja Praktek Program Studi Sistem Informasi bertugas dalam membuat perencanaan dan implementasi kerja praktek/magang
  12. Kordinator kerjasama bertugas dalam membuat perencanaan dan kerjasama dengan industry.
  13. Koordinator Alumni bertugas menghimpun data alumni dan melakukan tracer study terhadap alumni Program Studi Sistem Informasi serta turut memprakarsai pertemuan alumni.
  14. Kordinator Jurnal Program Studi Sistem Informasi bertanggung jawab atas perencanaan, pengelolaan dan pendistribusian jurnal yang diterbitkan di Program Studi.
  15. Kordinator Server bertugas melaksanakan backup database di server program studi Sistem Informasi secara rutin.