Blog Program Studi Sistem Informasi — UNIKOM

Blog

User Image “PORTOFOLIO PROJECT” MENGHADAPI DUNIA KERJA 22-12-2016 09:17:49 - Diposting oleh: Nizar Rabbi Radliya S.Kom., M.Kom.

BANDUNG, UNIKOM- Fenomena persaingan mencari kerja layaknya kompetisi yang diminati banyak orang, namun seringkali tidak diikuti kesiapan diri masing-masing pelamar. Padahal angka lulusan perguruan tinggi negeri maupun swasta dari setiap angkatan jumlahnya tidaklah sedikit. Implikasi dari hal ini adalah meningkatnya angka pengangguran, terlebih Kota Bandung memiliki banyak perguruan tinggi yang setiap tahunnya bisa beberapa kali menggelar acara wisuda kelulusan mahasiswa. 

Menyikapi hal tersebut, Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Komputer Indonesia (Unikom) mengadakan Kuliah Umum dengan tema Portofolio Project for Student yang diselenggarakan di Auditorium Unikom Gedung Lama, Jumat (25/11) pukul 13.30 WIB. Acara dihadiri oleh ± 180 mahasiswa DKV tingkat akhir (semseter 7) khususnya mereka yang tengah mempelajari mata kuliah Studio Desain Komunikasi Visual 5 (SDKV 5) dan mata kuliah Penelitian Desain. 

Menurut salah satu Dosen DKV yang mengajar Multimedia, Irma Rochmawati, M.Ds saat ditemui di tengah-tengah acara, mengatakan “Acara hari ini difokuskan untuk kesiapan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja, karena mungkin fakultas dan program studi kami berbeda dengan yang lainnya. Maka, DKV maupun Desain Interior mengarahkan mahasiswa supaya memiliki project portofolio dan acara ini merupakan ajang untuk memperoleh pengetahuan lebih banyak dalam membuat atau menciptakan project portofolionya masing-masing,” tutur Irma. Acara ini dihadiri oleh Ketua Program Studi Desain Grafis, Irwan Tarmawan, M.Ds, Dosen Mata Kuliah SDKV 5, Dosen Mata Kuliah Penelitian Desain, dan beberapa Dosen DKV lainnya, serta turut hadir perwakilan dari CMYK.com, Melvin Gunawan yang menyampaikan pengarahan kepada mahasiswa DKV salah satunya mengenai Digital Portofolio Showcase

Acara ini diharapkan dapat memberikan gambaran kepada mahasiswa untuk lebih mempersiapkan diri dalam menghadapi dunia kerja. Sebab di lingkungan kerja yang berkaitan dengan dunia desain, portofolio merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh para mahasiswa, bahkan tugas akhir mahasiswa pun bisa dijadikan sebagai portofolio mereka masing-masing. (Ismyuli-Humas-Unikom)